Proposal
Usaha “ Bros Kain Flanel”
1.1
Visi
Mengajak para anak-anak, remaja , wanita
dan ibu-ibu untuk mengkreasikan tampilannya dengan mengenakan bros kain flanel.
Bros kain flanel ini diperuntukan untuk siapa saja baik wanita yang berhijab
maupun tidak berhijab sehingga penampilan pun lebih menarik dengan perpaduan
bros kain flanel dengan motif yang berbeda-beda.
1.2
Misi
Perusahaan bros kain flanel ini
mempunyai misi memberikan produk kreasi kain flanel dengan berbagai macam motif
dan warna yang dapat dipadukan dengan busana yang dikenakan. Dengan jaminan
pembeli akan mendapatkan layanan terbaik berupa produk yang yang berkualitas dengan
harga yang bervariatif. Disamping itu perusahaan kami pun menyediakan jasa
kursus pembuatan bros kain flanel sehingga para pembeli dapat membuat kreasi
sesuai dengan selera.
1.3
Budaya
Budaya dari pembuat proposal adalah
dimana zaman sekarang sudah memasuki era-modern. Bros yang dahulunya hanya
sebagai perekat saat kita memakai pakaian yang terlihat longgar, namun sekarang
dengan berjalannya waktu melahirkan inovasi-inovasi terbaru. Alasan kami
menawarkan bros kain flanel karena tidak hanya sebagai perekat saat kita
memakai pakain yg longgar tetapi juga sebagai hiasan yang dikenakan pada busana
sehingga terlihat lebih menarik dengan motif bros kain flanel yang dibuat
dengan berbagai macam bentuk seperti motif bunga, buah-buahan, pita, hati, kue,
tokoh kartun, twin bros dan lain-lain.
Tak dapat dipungkiri jika penampilan merupakan sesuatu yang sangat penting.
Penampilan pun akan lebih menawan jika dipadukan dengan berbagai macam
aksesoris yang dikenakan salah satunya bros kain flanel yang kami tawarkan.
Segmentasi pasar
2.1 Demografi
Target pemasaran
produk bros kain flanel ini adalah kalangan wanita baik yang tinggal di
pedesaan maupun perkotaan seperti kota Jakarta
2.2 Geografi
Jakarta
dan sekitarnya.
2.3 Sosiologi
Pasar yang
diambil dari usaha ini adalah semua kalangan. Baik kalangan bawah hingga
menengah keatas
Analisa Keuangan
3.2.1 Break Event Point
Harga 1 lusin bros kain flanel adalah
Rp. 80.000 dengan biaya variabel sebesar Rp. 48.000 dan biaya tetap sebesar Rp.
24.000
BEF =
( harga perunit – variabel cost perunit) – total fixed cost
= ( Rp. 80.000 – Rp. 48.000)
– Rp. 24.000
= Rp. 8.000
Jadi diperlukan 8000 bros kain flanel untuk
mendapatkan kondisi seimbang antara biaya dengan keuntungan.
3.2.2
Biaya sewa tempat pertahun sudah
termasuk listrik & air
Sewa ruko Rp 13.000.000 per tahun
3.2.3 Aspek Modal
Bahan
baku yang di butuhkan:
a) Bros
peniti besi 150 pak X @Rp. 1.000 Rp.150.000
b) Jarum
jahit 10 pak X @Rp. 2.000 Rp. 20.000
c) Jarum
pentul 10 pak X @Rp. 1.000 Rp. 10.000
d) Lem
bening 5 pak X@Rp. 10.000 Rp. 50.000
e) Lem
tembak 2 Lusin X@Rp. 10.000 Rp. 20.000
f) Kain
flanel 7 warna 7 KarungX@Rp. 80.000 Rp.
560.000
g) Benang
sulam 7 roll X@Rp 3.000 Rp. 21.000
h) Benang
jahit 8 pak X@Rp. 10.000 Rp. 80.000
i) Darkon
2 karung X@Rp. 75.000 Rp. 150.000
j) Plastik
bening 50 pak X@Rp. 4.000 Rp. 200.00
k) Gunting
kain 8 buah X@Rp. 20.000 Rp.160.000
Total Rp. 1.421.000
3.2.4
Biaya Pemasaran
Tagihan internet Rp. 50.000 per bulan
Pengeluaran per tahun Rp. 50.000 X 12
= Rp 600.000
3.2.5 Gaji Karyawan
Gaji karyawan satu orang per bulan Rp.
1.000.000
Gaji karyawan 3 orang per bulan Rp. 3.000.000
Pengeluaran per tahun 12 bulan X Rp. 3.000.000= Rp. 36.000.000
3.2.6 Total yang harus dikeluarkan saat memulai
usaha dalam hitungan pengeluaran per tahun
= Rp. 13.000.000 + Rp.1.421.000 + Rp.
600.000 + Rp. 36.000.0000
=Rp. 51.021.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar